私のブログへようこそ

Minggu, 18 November 2012

Belajar Mendengar Bagi Anak Tuna Rungu


       Aktivitas sehari-hari pada anak-anak dapat digunakan untuk meningkatkan pendengaran, ujaran, bahasa dan berpikir. Perkembangan untuk meningkatkan pendengaran, terbagi dalam 3 bagian:
1. Diskriminasi fonem dalam suku kata.
2. Diskriminasi perkataan dalam ungkapan.
3. Memori auditori. Bahasa dikembangkan melalui peningkatan pendengaran dengan menggunakanwicaranya berulang-ulang dan dengan perbedaan akuistik yang baik. Terapis harusmulai dari apa yang dipahami dan bermakna pada anak-anak tersebut. Bahasa danberpikir dibina bersama kemudian dikembangkan dalam bahasa lisan, disesuaikandengan cara berkomunikasi.

70% Anak Berkebutuhan Khusus Belum Terlayani Pemerintah


       SOLO – Sekitar 70% Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan disabilitas di Indonesia belum terjangkau layanan pemerintah. Faktor biaya dan keluarga yang malu pada kondisi anak juga turut menyumbang masih kurangnya jangkauan terhadap anak-anak tersebut.
       Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar (PPK-LK Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Murdjito, menjelaskan berdasarkan data terakhir, jumlah ABK dengan disabilitas di Indonesia pada 2011 diperkirakan sebanyak 356.192, sedangkan yang telah memperoleh layanan pendidikan pada 1.600-an SLB di Indonesia hanya sekitar 85.645 anak. “Harus diakui banyak sekali kendala dan hambatan yang dialami pemerintah,” jelasnya, Rabu (26/9/2012).

Manfaat Sayuran Hijau


http://www.hdindonesia.com/images/aksesories/ttk456.gif
Sayur mayur merupakan jenis makanan penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan. Sayuran hijau seperti daun selada, bayam, buncis, kangkung, daun singkong, daun pepaya, dan yang lainnya ternyata memiliki beragam manfaat kesehatan.
http://www.hdindonesia.com/images/aksesories/ttk456.gif
        Kandungan zat gizi alami dalam sayuran hijau sangat banyak. Selain kaya dengan vitamin A dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor. Sayuran yang berwarna hijau tua merupakan sumber karotenoid (pigmen dalam tanaman yang terdapat pada tumbuhan) terbaik dan tergolong penting untuk memerangi radikal bebas.
Klorofil (zat hijau daun) pada sayuran hijau merupakan pigmen dari tanaman yang warnanya hijau dan terdapat dalam kloroplas sel tanaman.

Jangan Sisihkan Anak-anak “Down Syndrome” Itu…


            Meski anak-anak down syndrome memiliki keterbatasan, mereka tetap mampu berprestasi. Karena itu, anak-anak down syndrome perlu perhatian, didampingi, dan jangan disisihkan.
“Semua anak haruslah dianggap sama. Janganlah mereka disisihkan. Sebaiknya mereka pun dibekali keterampilan,” kata Ny Mufidah Jusuf Kalla saat hadir pada acara wisuda lulusan SD, SMP, dan alumni Sekolah Luar Biasa (SLB) Dian Grahita, Jakarta, Senin (6/8).
           Menurut suster Joanni, Kepala SLB Dian Grahita, wisuda ini sangat berarti bagi anak-anak down syndrome. “Inilah bukti cinta orangtua dan sekolah kepada anak-anak kami. Mudah- mudahan ini titik awal. Saatnya masyarakat menerima dan mencintai anak-anak kami,” katanya.
           Down syndrome disebabkan adanya gangguan pada kromosom yang ke-21. Manusia memiliki 23 pasang kromosom. Pada anak down syndrome, kromosom mereka yang ke-21 tidak sepasang (dua), melainkan tiga kromosom (trisomi). Dengan kata lain, down syndrome adalah gangguan genetik.

MENDETEKSI ANAK LAMBAN BELAJAR/KESULITAN BELAJAR DAN SOLUSINYA

           Dalam kegiatan proses pembelajaran sehari-hari disekolah, kita sering menemui anak didik yang sulit sekali menerima materi pembelajaran. Kondisi seperti ini bisa dilihat dari hasil tes baik tertulis maupun perbuatan, bahkan dari observasi visual juga dapat dideteksi kalau anak tersebut mengalami kelambatan dalam mengikuti pembelajaran, dibandingkan dengan teman-temannya di satu kelasnya. Pengujian kecerdasan intelegensi yang dilakukan di Perancis secara acak untuk mengetahui anak yang tidak mampu menangkap pelajaran dengan cepat seperti anak dalam kebiasaan belajar di sekolah, didapatkan bahwa angka anak paling cerdas adalah yang memiliki IQ 120, sedangkan anak yang mempunyai IQ kurang dari 120 termasuk kategori normal, embisil, debil, dan yang paling parah dikategorikan idiot. Tapi anak yang termasuk kategori cerdas tidak menjamin 100% akan mampu mengikuti pembelajaran di sekolah dengan lancer sesuai dengan kemampuan intelegensinya. Tidak jarang kita menjumpai kasus anak yang sebenarnya cerdas akan tetapi dalam kenyataannya perolehan hasil belajarnya berupa nilai-nilai tesnya kurang. Dalam kasus seperti ini guru atau pendidik perlu mencari penyebab solusi untuk mengatasinya.
             Bahwa anak yang tertinggal dalam belajar adalah setiap anak yang menemui kesulitan dalam mempelajari sesuatu yang bersifat akal atau logika.

Dampingi Anak Berkebutuhan Khusus


          PERLU perhatian khusus untuk membesarkan anak berkebutuhan khusus. Bila dibimbing secara maksimal, mereka bisa tumbuh seperti anak normal lainnya.
          Jumlah anak berkebutuhan khusus di Indonesia terus meningkat jumlahnya. Pada Hari Autis Sedunia yang jatuh pada 8 April lalu diketahui bahwa prevalensi anak berkebutuhan khusus saat ini mencapai 10 anak dari 100 anak. Berdasarkan data ini menunjukkan 10 persen populasi anak-anak adalah anak berkebutuhan khusus dan mereka harus mendapatkan pelayanan khusus.

ANAK BERKESULITAN BELAJAR


Pengertian
Istilah kesulitan belajar secara umum merupakan sebutan yang diperuntukan bagi anak maupun orang dewasa yang mengalami kesulitan belajar ataupun memiliki hambatan dalam belajarnya. Biasanya anak berkesulitan belajar mempunyai prestasi dibawah rerata kelompoknya sehingga mereka dipandang sebagai anak/orang dewasa yang low class dan bahkan diperkirakan tidak akan berhasil dalam belajarnya. Yang lebih parah banyak masyarakat yang menganggap anak berkesulitan belajar sebagai anak yang bodoh.
            Berkesulitan belajar merupakan salah satu penyebab adanya angka drop out di sekolah. Berkesulitan belajar yang dimaksudkan disini adalah semua anak atau siswa yang mengalami kesulitan dalam berprestasi, sehingga anak dimungkinkan akan tinggal kelas, atau bahkan drop out karena tidak mampu mengikuti pelajaran dikelasnya. Indikasi dari berkesulitan belajar ini tampak pada hasil laporan prestasi belajar siswa yang selalu ada di bawah batas kriteria kelulusan.

Jumat, 16 November 2012

Stimulasi Perkembangan Anak

Stimulasi adalah rangsangan yang dilakukan sejak didalam kandungan. Manfaat stimulasai adalah untuk merangsang semua indra gerak, mengajak berkomunikasi, dan merangsang perasaan yang menyenangkan. Berikut ini merupakan cara menstimulai sesuai dengan usia:
1.     Usia 0-3 bulan:
·        mengusahakan suasana nyaman (penghangatan, kenyangkan)
·        merangsang penglihatan, pendengaran, dan gerakan
2.     Usia 6-9 bulan:
·        memanggil nama
·        mengajak bersalaman, tepuk tangan, dilatih duduk sendiri, berpegangan